Thursday, February 21, 2013

Tugas Sistem Operasi




MICROSOFT WINDOWS
Pengertian Microsoft Windows
Microsoft Window merupakan sebuah sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft .corp. Sistem operasi microsofot windows ini juga mengandalkan graphic yang bersahabat/friendly kepada para penggunanya. Pada mulanya microsoft windows diawali dari ms-dos yang berbasis command line dan berbasis teks. Seiring berkembangn pesatnya penjualan sistem operasi yang diproduksi oleh Apple atau lebih dikenal dengan macintosh yang mengandalkan tampilan graphic-nya, hal ini membuat Microsoft tidak mau kalah sehingga terpacu juga untuk membuat sistem operasi berbasis gui dan terciptalah windows 1.0 yang dimana nama ini berasal dari karyawan Microsoft juga.
Setelah itu juga muncul versi yang baru dari windows 1.0 yaitu windows versi 2 yang menjadi os pertama dari windows yang kemudian dapat di install aplikasi dan merupakan satu satunya aplikasi yang bisa diinstal adalah Microsoft word, yang setelah itu kemudian mendasarkan dibuatnya windows versi 3 yang menjanjikan dapat di instalnya aplikasi aplikasi lebih dari satu. Dan kemudian versi windows 3.1 menjadi system operasi pertama windows yang mampu mengoptimalkan penggunaan nya pada prosesor 32-bit( Intel 80386 ke atas). Lalu kemudian lahir lah windows versi 3.11 yang merupakan os pertama windows yang support/mendukung akan jairngan dan merupakan os terakhir windows setelah berkembangnya era start menu.

Fungsi
Sistem Pengoperasian merupakan sebuah sistem yang menentukan program apa yang perlu dilaksanakan, dan sumber-sumber apa saja (memori atau I/O) yang perlu digunakan. Sistem Pengoperasian (OS) membekalkan perkhidmatan (service) kepada program lain, contohnya kod (driver) yang membenarkan Ahli Program menulis program untuk mesin tanpa perlu mengetahui lebih terperinci tentang alat elektronik pada sistem komputer. Selain itu fungsi sistem pengoperasian Microsoft Windows ialah Microsoft Windows sebagai susunan arahan yang dapat dimengerti atau difahami oleh komputer itu sendiri. Ia memang dibuat untuk mengarahkan komputer melaksanakan, mengawal, menjadualkan, dan menyelaraskan sesuatu operasi komputer.

Kelebihan dan Kekurangan dari Penggunaan Microsoft Windows:
Kelebihan Dari Penggunaan Windows :
·         GUI nya sangat bersahabat/friendly
·         Tidak sulit untuk di pelajari
·         Hampir semua pembuat aplikasi membuat aplikasi nya support akan windows

Kekurangan Dari Penggunaan Windows :
·         Lisensi nya yang tertutp membuat sistem operasi ini jadi sangat mahal
·         Sangat rentan terhadap serangan virus bagi versi windows 95 keatas
Hingga sekarang ini dimana artikel ini saya buat terdapat berbagai macam versi Windows:
·         Windows 95
·         Windows 98
·         Windows 2000
·         Windows me
·         Windows Xp
·         Windows Vista
·         Windows 7
·         Windows 8

No comments:

Post a Comment